kata kata bijak|kata kata Cinta|kata kata galau|kata kata lucu dan Gokil|Gambar Meme lucu|info dan fakta menarik

Inialh Mengapa Islam Melarang Valentine Day Untuk Umatnya

Larangan valentine Day - Di hari-hari ini, sesekali pergilah ke mall atau supermarket besar yang ada di kota Anda. Lihatlah interior mall atau supermarket tersebut. Anda pasti menjumpai interiornya dipenuhi pernak-pernik—apakah itu berbentuk pita, bantal berbentuk hati, boneka beruang, atau rangkaian bunga—yang didominasi dua warna: pink dan biru muda. 
Dan Anda pasti mafhum, sebentar lagi kebanyakan anak-anak muda seluruh dunia akan merayakan Hari Kasih Sayang atau yang lebih tenar distilahkan dengan Valentine Day

Momentum ini sangat disukai anak-anak remaja, terutama remaja perkotaan. Karena di hari itu, 14 Februari, mereka terbiasa merayakannya bersama orang-orang yang dicintai atau disayanginya, terutama kekasih. Valentine Day memang berasal dari tradisi Kristen Barat, namun sekarang momentum ini dirayakan di hampir semua negara, tak terkecuali negeri-negeri Islam besar seperti Indonesia. 

Sayangnya, tidak semua anak-anak remaja memahami dengan baik esensi dari Valentine Day. Mereka menganggap perayaan ini sama saja dengan perayaan-perayaan lain seperti Hari Ibu, Hari Pahlawan, dan sebagainya. Padahal kenyataannya sama sekali berbeda. 

Hari Ibu, Hari Pahlawan, dan semacamnya sedikit pun tidak mengandung muatan religius. Sedangkan Valentine Day sarat dengan muatan religius, bahkan bagi orang Islam yang ikut-ikutan merayakannya, hukumnya bisa musyrik, karena merayakan Valentine Day tidak bisa tidak berarti juga ikut mengakui Yesus sebagai Tuhan. Naudzubilahi min Dzalik. Mengapa demikian?
Inialh Mengapa Islam Melarang Valentine Day Untuk Umatnya
valentine day No untuk Muslim

SEJARAH VALENTINE DAY


Sesungguhnya, belum ada kesepakatan final di antara para sejarawan tentang apa yang sebenarnya terjadi yang kemudian diperingati sebagai hari Valentine. Dalam buku ‘Valentine Day, Natal, Happy New Year, April Mop, Hallowen: So What?” (Rizki Ridyasmara, Pusaka Alkautsar, 2005), sejarah Valentine Day dikupas secara detil. Inilah salinannya: 

Ada banyak versi tentang asal dari perayaan Hari Valentine ini. Yang paling populer memang kisah dari Santo Valentinus yang diyakini hidup pada masa Kaisar Claudius II yang kemudian menemui ajal pada tanggal 14 Februari 269 M. Namun ini pun ada beberapa versi. Yang jelas dan tidak memiliki silang pendapat adalah kalau kita menelisik lebih jauh lagi ke dalam tradisi paganisme (dewa-dewi) Romawi Kuno, sesuatu yang dipenuhi dengan legenda, mSEJARAH VALENTINE DAY

Sesungguhnya, belum ada kesepakatan final di antara para sejarawan tentang apa yang sebenarnya terjadi yang kemudian diperingati sebagai hari Valentine. Dalam buku ‘Valentine Day, Natal, Happy New Year, April Mop, Hallowen: So What?” (Rizki Ridyasmara, Pusaka Alkautsar, 2005), sejarah Valentine Day dikupas secara detil. Inilah salinannya: 

Ada banyak versi tentang asal dari perayaan Hari Valentine ini. Yang paling populer memang kisah dari Santo Valentinus yang diyakini hidup pada masa Kaisar Claudius II yang kemudian menemui ajal pada tanggal 14 Februari 269 M. Namun ini pun ada beberapa versi. Yang jelas dan tidak memiliki silang pendapat adalah kalau kita menelisik lebih jauh lagi ke dalam tradisi paganisme (dewa-dewi) Romawi Kuno, sesuatu yang dipenuhi dengan legenda, mitos, dan penyembahan berhala.itos, dan penyembahan berhala.

Menurut pandangan tradisi Roma Kuno, pertengahan bulan Februari memang sudah dikenal sebagai periode cinta dan kesuburan. Dalam tarikh kalender Athena kuno, periode antara pertengahan Januari dengan pertengahan Februari disebut sebagai bulan Gamelion, yang dipersembahkan kepada pernikahan suci Dewa Zeus dan Hera. 

Di Roma kuno, 15 Februari dikenal sebagai hari raya Lupercalia, yang merujuk kepada nama salah satu dewa bernama Lupercus, sang dewa kesuburan. Dewa ini digambarkan sebagai laki-laki yang setengah telanjang dan berpakaian kulit kambing. 

Di zaman Roma Kuno, para pendeta tiap tanggal 15 Februari akan melakukan ritual penyembahan kepada Dewa Lupercus dengan mempersembahkan korban berupa kambing kepada sang dewa. 

TRADISI KIRIM KARTU 

Selain itu, tradisi mengirim kartu Valentine itu sendiri tidak ada kaitan langsung dengan Santo Valentine. Pada tahun 1415 M, ketika Duke of Orleans dipenjara di Tower of London, pada perayaan hari gereja mengenang St. Valentine tanggal 14 Februari, ia mengirim puisi kepada isterinya di Perancis. Oleh Geoffrey Chaucer, penyair Inggris, peristiwa itu dikaitkannya dengan musim kawin burung-burung dalam puisinya. 

Larangan Islam Merayakan Valentine Day

Nah, jika ada seorang Muslim yang ikut-ikutan merayakan Hari Valentine, maka diakuinya atau tidak, ia juga ikut-ikutan menerima pandangan yang mengatakan bahwa “Yesus sebagai Anak Tuhan” dan sebagainya yang di dalam Islam sesungguhnya sudah termasuk dalam perbuatan musyrik, menyekutukan Allah SWT, suatu perbuatan yang tidak akan mendapat ampunan dari Allah SWT. Naudzubillahi min dzalik! 

“Barang siapa meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut, ” Demikian bunyi hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Tirmidzi. 

Ibnul Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah juga berkata ;
“Memberi selamat atas acara ritual orang kafir yang khusus bagi mereka, telah disepakati bahwa perbuatan tersebut haram. Semisal memberi selamat atas hari raya dan puasa mereka, dengan mengucapkan, “Selamat hari raya!” dan sejenisnya.

Bagi yang mengucapkannya, kalau pun tidak sampai pada kekafiran, paling tidak itu merupakan perbuatan haram. Berarti ia telah memberi selamat atas perbuatan mereka yang menyekutukan Allah. Bahkan perbuatan tersebut lebih besar dosanya di sisi Allah dan lebih dimurkai dari pada memberi selamat atas perbuatan minum khamar atau membunuh. Banyak orang yang kurang mengerti agama terjerumus dalam suatu perbuatan tanpa menyadari buruknya perbuatan tersebut. Ia telah menyiapkan diri untuk mendapatkan kemarahan dan kemurkaan Allah. 

Allah SWT sendiri di dalam Qur’an surat Al-Maidah ayat 51 melarang umat Islam untuk meniru-niru atau meneladani kaum Yahudi dan Nasrani, 
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim." Wallahu'alam bishawab.(Rz)
Bantahan Seputar Valentine Day (ustadz Felix Siauw )

  1. Bagi kaum yang Muslim? | nyata-nyata #VDAY itu pernah jadi perayaan kaum Nasrani juga | masih mau ikutan juga?.
  2. "Aaaah, itu kan zaman dulu! sekarang mah hari kasih sayang!" | ohya? | yuk kita simak dulu fakta-fakta berikut.
  3. Di Inggris, Amerika, Eropa dan Dunia pada umumnya | terdapat lonjakan hubungan seks seminggu sebelum dan sesudah tanggal 14/02.
  4. Tiap 14 Feb di Inggris diperingati sebagai "The National Impotence Day" | yang menghimbau muda-mudi tidak hubungan seks seminggu itu.
  5. Di USA tiap 14 Feb diperingati "National Condom Week" | karena mereka tahu persis bahwa #VDAY samadengan SEXDAY.
  6. "Aaaah, itu kan luar negeri! Indonesia beda dooong!" | ohya? alasanmu! | perhatikan beberapa fakta berikut.
  7. Dari 413 orang dsurvei 26,4% rayakan #VDAY sama gebetan atau kekasih dengan jalan-jalan, makan-makan, ciuman lalu seks (Koran PR, 2005).
  8. 54% remaja bandung pernah hubungan seks | kota lain seperti Jakarta (51%), Medan (52%) Surabaya(47%) (Kompas, 2006).
  9. Dan hampir di tiap daerah penjualan kondom menjelang Tahun Baru dan Valentine meningkat 40-80% | tidak jarang yang soldout.
  10. Bukti berita semisal ini banyak | yang sudah-sudah terlalu berserakan di internet untuk dicari | dan tahun ini akan sama pula.
  11. Bagi kamu yang Muslimah, RENUNGKAN | kondom yang ludes saat #VDAY itu siapa yang beli? dan buat siapa? untuk apa?.
  12. Ribuan tahun berlalu | ternyata #VDAY masih sama dengan perayaan Lupercalia asalnya | menjadi budak dari nafsu syahwat.
  13. VDAY tidak diragukan lagi meneruskan tradisi pagan | dimana kehormatan wanita tidak dihargai dan kemuliaannya diinjak.
  14. Bila langkah sudah salah dibuat, dan engkau tiada lagi terhormat | ribuan sesal tiada guna, dan isakan tangis tiada manfaat.
  15. MAWAR dan COKLAT memang nggak bahaya | tapi ia pintu menuju kebinasaan | awal pembenaran nafsu syahwat.
  16. Jangan sampai penyesalan datang belakangan | segera MENIKAH bukannya pacaran | pelajari #CintaMulia bukannya ikut-ikutan #VDAY.
  17. Bila belum siap menikahi segeralah SUDAHI | jaga dirimu tetap TERHORMAT agar datang padamu lelaki yang juga TERHORMAT.
  18. Karena lelaki TERHORMAT tiada main-main dengan KEHORMATAN wanita | dan lelaki MULIA menginginkan wanita yang terjaga MULIA.
  19. Bila pernikahan yang lebih dahulu maka ia TERHORMAT | bila pernikahan yang dibelakang maka namanya diambil KEHORMATANNYA | pilih mana?.
  20. Apapun alasan lelaki mendekati, menggoda, memacari | dia bukan lelaki TERHORMAT, karena sudah membahayakan KEMULIAAN wanita.
  21.  CintaMulia | jaga cintamu, mulia dirimu.

Demikianlah kira agar di pahami untuk semua rekan muslim agar kita selalu menjaga diri dari segala bujuk rayu yang akan menjerumuskan kita kedalam lembah dosa, tulisan ini tidak lain hanya untuk mengingatkan sesama umat muslim tidak ada menyangkut unsur lainnya. terima kasih bagi pengunjung yang telah membaca larangan hari valentine untuk umat islam semoga kita selalu di lindungi oleh Allah SWT.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inialh Mengapa Islam Melarang Valentine Day Untuk Umatnya

0 komentar:

Post a Comment

a